Wednesday, September 29, 2010

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

Untuk mengetahu ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep Kimia Dasar II digunakan tes konsep yang diambil dari beberapa pertanyaan-pertanyaan konsep dari berbagai sumber bank soal, baik nasional maupun internasional yang telah teruji reliabilitasnya. Dalam tes konsep ini digunakan 20 soal pilihan ganda yang meliputi sub pokok bahasan; Sifat Fisik Larutan, Kinetika Kimia, Konsep Asam-Basa, Konsep Kesetimbangan Asam-Basa, Kesetimbangan Kelarutan, Elektrokimia, Kimia Inti dan Radiasi, Kimia Unsur dan Senyawa Kompleks, dan Senyawa Organik dan Biokimia.
Tes Konsep ini akan diujikan kepada 350 siswa SMA/MA atau yang sederajat jurusan IPA di kota Bandung, 750 mahasiswa TPB ITB di awal semester 2 angkatan 2010/2011, dan 150 mahasiswa pascasarjana ITB baik S2 maupun S3. Tes diberikan dalam kondisi kelas yang normal, tanpa peringatan sebelumnya. Para siswa/mahasiswa juga diyakinkan bahwa hasil tes tidak mempengaruhi nilai mata pelajaran/kuliah mereka, dan hanya akan digunakan untuk studi penelitian dan tidak akan diberikan kepada organisasi atau perwakilan lainnya, termasuk guru-guru dan dosen-dosen mereka.
Hasil tes kemudian dianalisis dengan program “Objective Analyzer v2,0 versi 1”, sebuah program analisis soal yang berbasis software excel. Program ini dapat digunakan untuk menententukan tingkat kesukaran, daya pembeda, keefektifan pilihan jawaban, validitas dan reliabilitas soal. Dari hasil tes akan didapatkan presentase jawaban benar dan salah sehingga dapat digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep Kimia Dasar II antara siswa SMA/MA atau yang sederajat jurusan IPA di kota Bandung, mahasiswa TPB ITB di awal semester 2 angkatan 2010/2011, dan mahasiswa pascasarjana ITB baik S2 maupun S3.

No comments: