Wednesday, September 29, 2010

PROPOSAL PENELITIAN

PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA DASAR II

ANTARA SISWA SMA KELAS XII, MAHASISWA TPB, DAN

MAHASISWA PASCASARJANA ITB TAHUN 2010/2011

DISUSUN OLEH:

SIGIT NUGROHO

(90509024)

DEPARTEMEN KIMIA

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

2010/2011

PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA DASAR II

ANTARA SISWA SMA KELAS XII, MAHASISWA TPB, DAN

MAHASISWA PASCASARJANA ITB TAHUN 2010/2011

Dibuat untuk memenuhi syarat lulus kuliah KI-6094

Sigit Nugroho

90509024

Mengetahui,

Pembimbing

Prof. Dr. Ismunandar

NIP.

PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA DASAR II

ANTARA SISWA SMA KELAS XII, MAHASISWA TPB, DAN

MAHASISWA PASCASARJANA ITB TAHUN 2010/2011

Sigit Nugroho*, Ismunandar**

*MA Mir’atul Muslimien Ngambakrejo

Jl. Ngambakrejo No. 38, Grobogan

**KK Kimia Anorganik Fisik

FMIPA-ITB, Jl. Ganesha 10 Bandung 40132

ABSTRAK

Selama ini kebanyakan penelitian-penelitian tentang kesalahpahaman konsep siswa kimia hanya dilakukan pada sekelompok siswa dengan tingkatan kelas atau umur tertentu, sedangkan penelitian-penelitian yang membandingkan konsepsi siswa kimia pada tingkatan kelas atau umur yang berbeda belum banyak dilakukan. Untuk itu peneliti ingin melakukan penelitian tentang perbedaan pemahaman konsep kimia siswa berdasarkan perbedaan usia atau tingkatan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pemahaman konsep materi Kimia Dasar Semester II antara siswa/mahasiswa pada berbagai jenjang usia atau tingkatan kelas yang berbeda. Tes Konsep ini akan diujikan kepada 350 siswa SMA/MA atau yang sederajat jurusan IPA di kota Bandung, 750 mahasiswa TPB ITB di awal semester 2 angkatan 2010/2011, dan 150 mahasiswa pascasarjana ITB baik S2 maupun S3. Hasil tes kemudian dianalisis dengan program “Objective Analyzer v2,0 versi 1”. Dari hasil tes akan didapatkan presentase jawaban benar dan salah sehingga dapat digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep Kimia Dasar II antara siswa SMA/MA atau yang sederajat jurusan IPA di kota Bandung, mahasiswa TPB ITB di awal semester 2 angkatan 2010/2011, dan mahasiswa pascasarjana ITB baik S2 maupun S3.

Kata kunci: Kesalahpahaman konsep, tes konsep, Objective Analyzer v2,0 versi 1.


DAFTAR PUSTAKA

1. Chiu, M., H. A National Survey of Students’ Conceptions in Chemistry in Taiwan. Chem. Educ. Int. 2005 Vol. 6, No. 1. 1 – 8.

2. Nakiboglu, C., Tekin, B., B. Identifying Student’s Misconception about Nuclear Chemistry. J. Chem. Educ. 2006, 83, 1712 – 1718. (NUC)

3. Wilson, J., M. Differences in Knowledge Networks about Acids and Bases of Year-12, Undergraduate and Postgraduate Chemistry Students. Research in Science Education. 1998, 28(4), 429 – 466. (ACI)

4. Ayas, A., Demirbas, A. Turkish Secondary Students’ Conception of Introductory Chemistry Concepts. J. Chem. Educ. 1997, 74, 518 – 521.

5. Barke, H., D., Hazari, A., Yitbarek, S. Misconception in Chemistry. Springer. Berlin. 2009.

6. Muijs, D., Reynolds, D., Effective Teaching, Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta. 2008.

7. Mulford, D., R Robinson, W., R. An inventory for Alternate Conceptions among First-Semester General Chemistry Students. J. Chem. Educ. 2002, 79, 739 – 744.

8. Donnelly, J., F. Welford, A., G. Educ. Chem. 1998, 25, 7 – 10.

9. Sanger, M., J., Greenbow, T., J. Students’ Misconception in Electrochemistry: Current Flow in Electrolyte Solution and the Salt Bridge. J. Chem. Educ. 1997, 74, 819 – 823. (ELE)

10. Ozkaya, A., R. Conceptual Difficulties Experienced by Prospective Teachers in Electrochemistry: Half-Cell Potential, Cell Potential, and Chemical and Electrochemical Equilibrium in Galvanic Cells. J. Chem. Educ. 2002, 79, 735 – 738. (ELE)

11. Nash, J., G., Liotta, L., J., Bravasco, R., J. Measuring Conceptual Change in Organic Chemistry. J. Chem. Educ. 2000, 77, 333 – 337. (ORG)

12. Topal, G., Oral, B., Ozden, M., University and Secondary School Students’ Misconceptions about the Concept of “Aromaticity” in Organic Chemistry. Int. J. Envi. & Sci. Educ, 2007, 2(4), 135 –143.

13. Bowen, C., W., Bunce, D., M. Testing for Conceptual Understanding in General Chemistry. Chem. Educ. Springer-Verlag New York, Inc. 1997. 1/vol 2. No. 2.

14. Nurrenbern, S., C., Robinson, W., R. Conceptual Questions and Challenge Problems. J. Chem. Educ. 1998, 75, 1502-1503.

15. Landis, C., R., Ellis, A., B., Lisensky, G., C., Lorenz, J., K., Meeker, K., Wamser, C., C., Chemistry ConcepTests. Prentice-Hall. Wisconsin. 2000.

16. Krause, S., Birk, J., Bauer, R., Jenkins, B., Pavelich, M., J. Development, Testing, and Application of a Chemistry Concept Inventory. 34th ASEE/IEEE Frontiers in Education Conference. 2004. Savannah, GA.


No comments: